• Rab. Jun 19th, 2024

Wisuda Kelas Akhir Ponpes Muthmainnatul Qulub Al-Islami Bogor Ke-18, KH Turhami Toha LC: Bekali Santri Filosofi Hidup

ByUbay Rista

Mei 22, 2023

Beritapantau.com I Pondok Pesantren Muthmainnatul Qulub AL-Islami Cibinong Bogor adakan acara Pelepasan Kelas Akhir angkatan ke-18 di Aula utama pondok pesantren dengan khidmat dan penuh pelajaran hidup. Minggu, (21/05/23).

Acara itu di hadiri oleh bapak pimpinan Pondok Pesantren Muthmainnatul Qulub Al-Islami Kh. Drs Turhami Toha Lc, Ustaz Zaenal Muttaqin S.Ag selaku kepada sekolah MA Mutmainnah, Kepala sekolah SMP Muthmainnatul Qulub Ustaz Furqon S.Pd.I, Asaatidz wal Asaatidzah, beserta Santri Pondok Pesantren Muthmainnatul Qulub AL Islami Bogor.

Dalam prosesi wisuda ke-18 Kh Turhami Toha Lc bekali para Wisudawan Wisudawati dengan filosofi hidup. “Alwaktu Kassyaefi artinya Waktu itu seperti Pedang. Pada saat kita tidak bisa mempergunakan waktu maka kita sendiri akan tertebas leher kita dengan pedang itu. Artinya karena waktu hidup terus berlalu” begitulah ungkapnya.

Selain itu beliau juga mengajarkan kepada wisudawan dan wisudawati akan keberlanjutan hidup dan kaitannya dengan waktu “Hidup dan waktu terus berlanjut, kalau waktu hidup kita bendung musibah besar buat kita. Artinya karena Hidup dan waktu itu berjalan seperti per atau kereta api yang berjalan diatas rel. Maka jangan sekali sekali kereta api kita jaga. Waktu-pun begitu, Hidup-pun begitu. Harus kita lalui harus kita nikmati dan harus kita menej.” Ungkap Kyai Drs TTurhami Toha Lc saat acara Pelepasan.

Beliau juga menyampaikan mengenai Resep Sederhana untuk para Wisudawan dan Wisudawati “Yaitu Ilmu dan Akhlak. Karena Kedua kata ini tidak bisa dipisahkan. Hidup tanpa didasari dengan ilmu akan berantakan. Hidup walaupun didasari ilmu tapi kalau tidak dibungkus dengan akhlak akan jauh lebih parah berantakannya. Kenapa bisa begitu? Karena Akhlak itu rengking pertama ketimbang ilmu. Walaupun ilmu yang kamu miliki setengah dunia ini Tapi akhlaknya kagak ada maka ilmu yang banyak itu nggak ada artinya apa-apa.” Hal ini sesuai dengan yang di ungkapkan Syekh Abdul Khadir Jilani yang mengatakan “Aku lebih menghargai orang beradab atau memiliki akhlak daripada berilmu.”

Akhlak yang dimaksud merupakan akhlak kepada Allah SWT dan Rosulnya beserta Akhlak dengan meninggalkan perkara yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasulnya. Terutama Sholat.

Di akhir sambutan beliau menyampaikan “Hidup ini cuman satu kali maka bergunalah, manfaatkanlah. Atasi secara cerdas hidup yang sekali ini agar kamu menjadi orang yang bermanfaat dan menjadi orang yang berguna. Jadi apapun kalian nanti, apapun jabatan kalian nanti yang penting kamu punya akhlak. Pengen hidup sukses modalnya ialah deketin Allah.dan cukup dengan sholat. Perbaiki solat kamu maka Allah akan perbaiki hidup kamu. Dan janganlah kalian hidup itu bersandar pada penilaian manusia, capek. Biarkanlah yang menilai Allah SWT.”

Acara wisuda Angkatan Ke-18 Pondok Pesantren Muthmainnatul Qulub Al-Islami Cibinong Bogor berjalan dengan khidmat. Filosofi hidup dari Kh. Turhami Toha Lc untuk Wisudawan dan Wisudawati menjadi bekal mereka hidup yang sekali, agar bermanfaat bagi masyarakat, Agama dan Negara.

Penulis: Ii Rahmanudin.S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *