• Rab. Jun 19th, 2024

Buka Halal World 2023, Wapres Dorong Penerapan Standar Halal Global

ByUbay Rista

Nov 17, 2023

Jakarta I Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong penerapan standar halal global yang berlaku pada semua negara di seluruh dunia.

Pesan ini disampaikan Wapres Ma’ruf Amin saat membuka gelaran H20-Halal World 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Standar halal global menurut Wapres penting untuk dimiliki agar memberi kemudahan kepada masyarakat untuk dapat mengakses produk halal.

“Saya mengajak kita semua meningkatkan komitmen dalam rangka menghadirkan kemudahan tersebut. Salah satu hal yang mesti diupayakan bersama yaitu mewujudkan keberterimaan standar halal global. Ini yang penting,” ujar Wapres Ma’ruf Amin, Jumat (17/11/2023) malam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal M. Aqil Irham, perwakilan Duta Besar sahabat.

Wapres menyampaikan, forum H20-Halal World 2023 menjadi tempat yang strategis untuk mewujudkan standar halal global. Lebih lanjut Wapres mengungkapkan, penerapan standar halal global juga dapat menjadi langkah memperkuat hubungan perdagangan antarnegara.

“Penerapan standar halal global, semestinya tidak dipandang sebagai hambatan teknis dalam perdagangan antarnegara. Tapi justru semakin memperlancar arus perdagangan untuk produk halal ke seluruh dunia,” tandasnya.

Sebaliknya, menurut Wapres, bila tidak ada standar yang sama maka akan membatasi kerjasama perdagangan yang bisa dibangun.

“Sebab kalau halalnya tidak standar (hanya berlaku di negaranya sendiri), masing-masing tidak mau menerima karena tidak sesuai standar negaranya,” kata Wapres.

Karenanya, ia berpandangan saling pengakuan dan saling berketerimaan standar halal menjadi sangat penting untuk disepakati bersama untuk mendukung kelancaran lalu lintas perdagangan produk halal antarnegara.

Wapres menyampaikan ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk memperkuat industri halal. Salah satunya, dengan menjadikan produk halal sebagai komunitas utama global.

Untuk itu, menurut Wapres, perlu penguatan kerja sama perdagangan antarnegara. Terutama dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) sehingga akan meningkatkan kerja ekspor produk halal masing-masing negara.

Ia juga mendorong keterlibatan aktor-aktor kunci dalam ekosistem halal untuk melakukan percepatan sertifikasi halal serta saling pengakuan dan keberterimaan produk halal antarnegara.

Kegiatan H20-Halal World 2023 berlangsung di Jakarta mulai 17-21 November 2023. Acara ini dihadiri 500 peserta yang merupakan perwakilan 118 lembaga halal dari 41 negara.

Adapun rangkaian H20-Halal World ini akan diisi dengan lima bentuk kegiatan, yaitu: International Halal Conference, Halal Expo, Performance Ekosistem Halal Indonesia, Halal Tour, dan Halal Coaching Clinic.(Ubay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *